Tuesday, July 13, 2010

Witch (Wicked, #1) : Dendam Keluarga Penyihir

Wicked (book 1) : Witch
Penulis : Nancy Holder & Debbie Viquie
Diterbitkan oleh Penerbit Matahati (www.penerbitmatahati.com)
Penerjemah : Meithya Rose Prasetya
Penyunting : Lulu Fitri Rahman
Korektor : Elvina Alianto
Tata Letak : MAB
Cetakan Pertama : Februari 2010


Inti cerita dari novel ini adalah dendam kesumat antara dinasti bangsawan di Perancis, yaitu keluarga Deveraux dan Cahors, yang sama-sama memiliki kekuatan sihir. Kedua keluarga ini saling memperebutkan Black Fire – Api Hitam, sebagai simbol kekuatan untuk menguasai seluruh wilayah dan kerajaan Perancis. Jika dinasti Deveraux berisi pria-pria perkasa, maka sebagian besar keturunan dinasti Cahors adalah wanita-wanita penyihir yang kejam.

Demi ambisi, mereka menyatukan kekuatan melalui pernikahan antara putra mahkota Deveraux, Jean, dengan pewaris Cahors, Isabeau. Sayangnya, pernikahan itu adalah pernikahan pura-pura untuk saling mencuri kekuatan sihir, sehingga mengakibatkan pertumpahan darah dan dendam kesumat hingga ke keturunan selanjutnya yang sudah terpencar ke berbagai penjuru di Eropa, termasuk di Amerika Serikat.

Awalnya membaca novel ini terasa membosankan, apalagi plot yang dipakai maju mundur, meloncat-loncat dari masa kini (era serial TV Sex and The City) ke masa lampau , masa dimana kekuatan sihir sangat berpengaruh di kerajaan Eropa. Baru pada bab ketiga, keterkaitan antara masa lampau dan masa kini bisa dapat diraba lewat tokoh-tokoh cerita yang rupanya ber-reinkarnasi.



Belum lagi tokoh cerita yang lumayan banyak, yang rasanya tidak begitu penting dan tidak mengurangi jalannya ceritanya. Ibaratnya, tanpa tokoh-tokoh seperti Tommy, Kari atau Eddie dan Kialish, cerita tetap seru dengan tokoh utama Holly, Amanda, Nicole dan Jer, melawan kekuatan hitam Duke Michael Deveraux, yang didukung anaknya Elie dan penguasa kekuatan sihir hitam, Duc Laurent de Devaraux.
Novel ini juga banyak menyajikan cerita pertumpahan darah, sementara suasana kerajaan dan dinasti bangsawan itu sendiri kurang dibangun secara maksimal oleh penulisnya.

Rasa penasaran akan bagaimanakah akhir cerita dan bagaimana Holly, sebagai reinkarnasi dari tokoh masa lalu, Isabeau, menerima kekuatan sihir warisan keluarganya, membuat novel ini cukup menarik dibaca. Selain itu, penerjemah yang bagus dan penyuntingan yang rapi, salah satu faktor pendukung untuk menuntaskan membaca novel ini hingga ke halaman terakhir.

Sinopsis : Dunia Holly Cathers hancur saat kedua orangtuanya tewas dalam kecelakaan mengerikan. Dia terpaksa meninggalkan rumahnya di San Fransisco dan dikirim ke Seattle untuk tinggal dengan sepupu kembarnya, Amanda dan Nicole.

Di rumah barunya, perasaan dukanya berubah menjadi kebingungan karena berbagai peristiwa aneh. Setiap permohonan yang dia ucapkan pada kucingnya, selalu terkabul, dan dia tak berdaya menolak daya tarik seorang cowok yang hampir tidak dikenalnya.

Holly, Amanda, dan Nicole akan memasuki dunia sihir kuno yang berbahaya, dengan kerasukan dan reinkarnasi yang kerap terjadi. Mereka akan terlibat dalam perselisihan antargenerasi yang melampaui imajinasi terliar mereka.

No comments: