Sunday, August 08, 2010

Si Cantik dari Notre Dame


Sinopsis :
Di tengah jalanan ramai kota Paris, seorang gadis cantik dituduh melakukan pembunuhan. Dia mengiba memohon ampun. Hanya seorang lelaki yang rela menolong: si bungkuk Quasimodo!

Di tengah kerumunan orang yang menyesaki lapangan Katedral Notre Dame, Esmeralda berdiri di antara dua algojo yang akan menggantungnya. Tiba-tiba, si bungkuk menghambur ke arah kedua antek itu dan menghajar mereka. Dia lalu merenggut si gadis gipsi dan melarikannya ke dalam gereja. Tak lama kemudian dia muncul di puncak menara gereja. Dengan mengusung gadis itu tinggi-tinggi, dia memamerkan simbol kemenangannya itu kepada seluruh penduduk Paris.

Novel abadi yang memukau ini mengisahkan seorang gadis gipsi cantik yang misterius bernama ESMERALDA dan empat lelaki yang memperebutkannya: FROLLO––wakil uskup jahat yang mencoba menculiknya, PHOEBUS––seorang perwira yang berpura-pura mencintainya, GRINGOIRE––penyair yang dinikahinya untuk menyelamatkan lelaki itu dari kematian, dan QUASIMODO––si bungkuk aneh yang berjuang melawan seluruh kota untuk menyelamatkannya.

Inilah sebuah karya klasik tentang cinta dan kepahlawanan yang berlatar persekongkolan penguasa licik dengan kaum borjuis Paris masa silam. Salah satu kisah paling mendebarkan sepanjang zaman.


Ulasan saya :
Tragis, demikian akhir cerita dari novel klasik yang menarik ini.
Tak hanya di akhir cerita, kisah hidup para tokoh cerita pun tak kalah tragisnya. Mulai dari sosok Quasimodo, Esmeralda, Wakil Uskup Frollo, Perwira Phoebus, dan penyair Pierre Gringoire.
 

No comments: