Tuesday, January 12, 2010

Sepeda Onthel Kinanti


Penulis : Iwok Abqary
Ilustrasi sampul dan isi : Studio Air
Penyunting naskah : Doel Wahab dan Huda Wahid
Desain sampul dan isi : Iwan Y
Penerbit : DAR! Mizan
Novel Anak
Halaman : 144 halaman
Ukuran : 19,5 cm
Agustus 2008

Novel anak yang layak dibaca.

Sinopsis :
Sepeda merupakan benda kesayangan Kinanti. Bagi Kinanti, sepeda dapat mengantarkannya menggapai cita-cita menuju masa depan yang lebih baik. Bagaimana tidak, sepeda itu menemani perjalanan Kinanti menuju sekolah.

Sayangnya, Kinanti harus merelakan sepeda itu dijual. Kinanti marah dan kecewa. Tanpa sepeda itu, bagaimana dia berangkat sekolah ? Apakah dia harus putus sekolah ? Apakah Kinanti harus melupakan cita-cita dan masa depannya ?

Kinanti dihadapkan pada pilihan yang sulit. Kehilangan sepeda sama dengan melupakan sekolahnya. Tetapi, bagaimana kalau Kinanti masih tetap menginginkan keduanya ?

Ulasan :
Meraih mimpi, demikian tema cerita anak yang diangkat Iwok Abgary (penulis best seller Misteri Lemari Terkunci), meski mimpi tersebut bisa dikatakan sulit digapai, karena Kinanti hanya anak seorang pencari ikan.

Bisa jadi pembaca akan mensamakan sosok Kinanti, dengan sosok Lintang di novel fenomenal Laskar Pelangi, apalagi latar belakang cerita ini tentang dunia pendidikan, di daerah terpencil yang jauh dari dari segala sarana dan prasarana yang lengkap dan layak untuk sebuah sekolah. Namun, dengan kematangan Iwok Abqary sebagai penulis buku anak best seller, Sepeda Onthel Kinanti tidak terjebak dalam trend buku sejenis Laskar Pelangi.

Bukan hanya sekedar cerita anak, novel ini juga menyelipkan ilmu pengetahuan. Kali ini, Iwok membagi pengetahuan tentang penyu, hewan yang terancam punah, karena keegoisan manusia.

Terlepas dari kelemahan buku ini, yang banyak memakai kalimat bertingkat, novel yang sampul depannya sangat menarik ini, sangat layak dibaca oleh penikmat cerita anak, tanpa batas usia.(

No comments: